|
Tema |
: 1. Selamatkan Makhluk Hidup |
|
Subtema |
: 2. Hewan Sahabatku |
|
Kelas/Semester |
: VI / I |
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling benar
! |
|||||||||||||||||
1. |
Contoh sikap
yang sesuai dengan sila keempat Pancasila di sekolah adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Membantu teman yang piket |
|||||||||||||||
|
B. |
Berteman tanpa membedakan asal
daerah |
|||||||||||||||
|
C. |
Ikut serta dalam musyawarah
pemilihan ketua kelas |
|||||||||||||||
|
D. |
Bergotong royong membersihkan
lingkungan sekolah |
|||||||||||||||
2. |
Memberi pujian
terhadap hasil karya yang dibuat oleh teman di sekolah merupakan contoh sikap
yang mencerminkan sila Pancasila yaitu sila... |
||||||||||||||||
|
A. |
Kedua |
|||||||||||||||
|
B. |
Ketiga |
|||||||||||||||
|
C. |
Keempat |
|||||||||||||||
|
D. |
Kelima |
|||||||||||||||
3. |
Perhatikan pernyataan berikut ! 1. Memberi
sebagian uang saku pada teman yang membutuhkan 2. Ikut
berpartisipasi dalam acara pgerak jalan sekolah 3. Memilih
ketua kelas dengan suara terbanyak 4. Membagikan
kue pada teman secara adil 5. Menghargai
pendapat teman yang berbeda Sikap yang
sesuai dengan pelaksanaan sila keempat Pancasila ditunjukkan nomor ... |
||||||||||||||||
|
A. |
1 dan 3 |
|||||||||||||||
|
B. |
1 dan 4 |
|||||||||||||||
|
C. |
2 dan 5 |
|||||||||||||||
|
D. |
3 dan 5 |
|||||||||||||||
4. |
Contoh sikap
yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di
masyarakat adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Hadir di acara pemilihan ketua
RT |
|||||||||||||||
|
B. |
Bergotong royong membersihkan
selokan |
|||||||||||||||
|
C. |
Membantu tetangga yang sedang
kesusahan |
|||||||||||||||
|
D. |
Memberikan upah yang layak
kepada karyawan |
|||||||||||||||
5. |
Perhatikan pernyataan
berikut ! 1. Tidak
memaksakan kehendak 2.
Bermusyawarah 3.
Mengutamakan kepentingan orang banyak 4. Menjalankan
keputusan yang telah disepakati bersama Keempat
pernyataan tersebut sesuai dengan pelaksanaan sila Pancasila, yaitu sila ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Kedua |
|||||||||||||||
|
B. |
Ketiga |
|||||||||||||||
|
C. |
Keempat |
|||||||||||||||
|
D. |
kelima |
|||||||||||||||
6. |
Makanan sangat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Setiap hari kita membutuhkan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Ide pokok
paragraf diatas adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Pentingnya makanan bergizi bagi
tubuh |
|||||||||||||||
|
B. |
Makanan sangat diperlukan oleh
tubuh untuk pertumbuhan |
|||||||||||||||
|
C. |
Makanan hanya diperlukan untuk
melakukan aktivitas sehari-hari |
|||||||||||||||
|
D. |
Zat-zat yang terkandung dalam
setiap makanan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air |
|||||||||||||||
7 |
Kamboja merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Di kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Hasil pertanian Kamboja yang terbesar adalah padi dan karet. Pernyataan
yang tepat sesuai dengan teks diatas adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Di Kamboja terdapat perkebunan
karet dan kelapa sawit |
|||||||||||||||
|
B. |
Kamboja merupakan satu-satunya
negara yang berada di Asia Tenggara |
|||||||||||||||
|
C. |
Penduduk di Kamboja
memanfaatkan Sungai Mekong untuk
pariwisata |
|||||||||||||||
|
D. |
Sebagian besar penduduk di
Kamboja bermata pencaharian sebagai petani |
|||||||||||||||
8 |
Indonesia merupakan negara yang wilayahnya terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Indonesia kaya akan sumber daya alam hutan. Hutan merupakan penghasil oksigen terbesar sehingga sering disebut hutan adalah paru-paru dunia. Sayangnya seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini hutan di Indonesia jumlahnya semakin berkurang. Informasi
penting yang sesuai dengan bacaan diatas ditunjukkan pada tabel ... |
||||||||||||||||
|
A. |
|
|||||||||||||||
|
B. |
|
|||||||||||||||
|
C. |
|
|||||||||||||||
|
D. |
|
|||||||||||||||
9. |
Manusia dan hewan memerlukan
makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti tumbuh
tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam
jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat tubuh kita sehat.
Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang
hijau, serta jenis kacang-kacangan lain. |
||||||||||||||||
|
A. |
Selain manusia hewan juga perlu
tumbuhan kacang-kacangan |
|||||||||||||||
|
B. |
Makanan yang mengandung protein diperlukan hewan untuk tumbuh |
|||||||||||||||
|
C. |
Manusia dan hewan memerlukan
makanan yang cukup mengandung protein |
|||||||||||||||
|
D. |
Protein diperlukan manusia
karena dapat mengganti bagian tubuh yang rusak |
|||||||||||||||
10. |
Kelelawar merupakan hewan mamalia. Kelelawar biasanya tinggal di gua atau tempat-tempat yang gelap. Hewan ini memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia. Kelelawar tidur di siang hari dan terbang pada malam hari untuk mencari makanan. Sebagian besar spesies kelelawar melahirkan satu anak dalam setiap tahunnya. Fakta yang
tepat dari teks diatas tentang kelelawar adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Tidur di malam
hari dan mencari makan di siang hari |
|||||||||||||||
|
B. |
Merupakan
satu-satunya mamalia yang bisa terbang |
|||||||||||||||
|
C. |
Melahirkan
lebih dari satu anak tiap tahun |
|||||||||||||||
|
D. |
Mempunyai
pendengaran sebaik manusia |
|||||||||||||||
11. |
Perhatikan tabel!
Pasangan hewan dengan cara
berkembang biak yang benar ditunjukkan pada nomor ... |
||||||||||||||||
|
A. |
1 dan 2 |
|||||||||||||||
|
B. |
1 dan 3 |
|||||||||||||||
|
C. |
2 dan 3 |
|||||||||||||||
|
D. |
2 dan 4 |
|||||||||||||||
12. |
Contoh hewan yang berkembang
biak dengan cara ovovivipar adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Paus |
|||||||||||||||
|
B. |
Kadal |
|||||||||||||||
|
C. |
Cicak |
|||||||||||||||
|
D. |
Kelelawar |
|||||||||||||||
13. |
Hewan berikut yang dapat
berkembang biak dengan cara membelah diri adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Hydra |
|||||||||||||||
|
B. |
Protozoa |
|||||||||||||||
|
C. |
Planaria |
|||||||||||||||
|
D. |
Cacing pita |
|||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||
14 |
Berikut ini
adalah kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar adalah .. |
||||||||||||||||
|
A. |
Penyu, paus,
kadal |
|||||||||||||||
|
B. |
Ular, paus,
kucing |
|||||||||||||||
|
C. |
Kucing,
kelelawar, paus |
|||||||||||||||
|
D. |
Anjing, penyu, kelelawar |
|||||||||||||||
15. |
Hewan berikut
yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Kelelawar |
|||||||||||||||
|
B. |
Platipus |
|||||||||||||||
|
C. |
Kadal |
|||||||||||||||
|
D. |
Paus |
|||||||||||||||
16. |
Negara berikut yang perekonomiannya dititik
beratkan pada sektor perdagangan dan pariwisata adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Laos |
|||||||||||||||
|
B. |
Vietnam |
|||||||||||||||
|
C. |
Singapura |
|||||||||||||||
|
D. |
Timor Leste |
|||||||||||||||
17. |
Negara anggota
ASEAN yang dikenal sebagai penghasil timah terbesar di dunia adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Filipina |
|||||||||||||||
|
B. |
Thailand |
|||||||||||||||
|
C. |
Malaysia |
|||||||||||||||
|
D. |
Singapura |
|||||||||||||||
18. |
Perhatikan tabel !
Pasangan negara dengan hasil
perekonomian yang tepat ditunjukkan pada nomor ... |
||||||||||||||||
|
A. |
1 dan 2 |
|||||||||||||||
|
B. |
1 dan 3 |
|||||||||||||||
|
C. |
2 dan 3 |
|||||||||||||||
|
D. |
3 dan 4 |
|||||||||||||||
19. |
Perhatikan ! 1.Thailand 4. Laos 2. Singapura 5. Myanmar 3. Malaysia 6. Brunei Darussalam Negara –
negara yang memiliki kesamaan potensi ekonomi di bidang pertanian, terutama
padi adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Thailand dan Myanmar |
|||||||||||||||
|
B. |
Thailand dan Singapura |
|||||||||||||||
|
C. |
Laos dan Brunei Darussalam |
|||||||||||||||
|
D. |
Brunei Darusalam dan Singapura |
|||||||||||||||
20. |
Perhatikan pernyataan berikut : (1) persamaan geografis (2) ingin mempengaruhi negara
lain (3) sama-sama pernah dijajah
(kecuali Thailand) (4) persamaan kepentingan untuk
memajukan ekonomi Yang merupakan latar belakang
berdirinya ASEAN adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
1,2 dan 3 |
|||||||||||||||
|
B. |
1, 3 dan 4 |
|||||||||||||||
|
C. |
1, 2 dan 4 |
|||||||||||||||
|
D. |
2, 3 dan 4 |
|||||||||||||||
21. |
Teknik membutsir digunakan
untuk membuat patung berbahan dasar ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Tanah liat |
|||||||||||||||
|
B. |
Plastik |
|||||||||||||||
|
C. |
Kaca |
|||||||||||||||
|
D. |
Kayu |
|||||||||||||||
22. |
Agar patung
lebih menarik, kita bisa mendesain dengan menambahkan warna. Warna berikut
ini yang tergolong primer adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Oranye, ungu,
kuning |
|||||||||||||||
|
B. |
Hijau, orange,
kuning |
|||||||||||||||
|
C. |
Merah, kuning,
hijau |
|||||||||||||||
|
D. |
Merah, kuning,
biru |
|||||||||||||||
23. |
Jika kita
sulit mendapatkan tanah liat untuk membuat patung, kita bisa menggunakan
plastisin yang bisa kita buat sendiri di rumah. Bahan berikut yang digunakan
untuk membuat plastisin adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Tepung beras,
minyak sayur, pewarna |
|||||||||||||||
|
B. |
Minyak sayur,
air hangat, pewarna, garam |
|||||||||||||||
|
C. |
Terigu, gula,
minyak sayur, pewarna dan air hangat |
|||||||||||||||
|
D. |
Terigu, garam,
minyak sayur, pewarna dan air hangat |
|||||||||||||||
24. |
Perhatikan gambar ! Warna hijau pada patung
merupakan hasil pencampuran dari dua warna yaitu ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Merah dan biru |
|||||||||||||||
|
B. |
Kuning dan biru |
|||||||||||||||
|
C. |
orange dan biru |
|||||||||||||||
|
D. |
Orange dan kuning |
|||||||||||||||
25. |
Selain patung, contoh lain yang
merupakan karya seni rupa tiga dimensi adalah ... |
||||||||||||||||
|
A. |
Guci |
|||||||||||||||
|
B. |
Batik |
|||||||||||||||
|
C. |
Poster |
|||||||||||||||
|
D. |
Lukisan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar