Soal Ulangan Harian Tema 1 Sub 1 Kelas VI SD
Tema : 1 (Selamatkan Makhluk Hidup)
Sub Tema :
1 (Tumbuhan Sahabatku)
Kelas/ Semester :
VI (enam)/1
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar!
1. |
Nilai-nilai yang terkandung dalam
sila ke satu Pancasila adalah …. |
|
|
A. |
Persamaan derajat manusia |
B. |
Menghargai hak asasi manusia |
|
C. |
Kerukunan antar umat beragama |
|
D. |
Solidaritas
antar sesama manusia |
2.
|
Perhatikan gambar
berikut! Gambar di atas merupakan contoh
pelaksanaan Pancasila sila ke… |
|||||||
|
A. |
Satu |
||||||
B. |
Dua |
|||||||
C. |
Tiga |
|||||||
D. |
Empat |
3. |
Berikut ini yang merupakan contoh
pelaksanaan sila kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah
…. |
|
|
A. |
Tidak menyakiti hewan |
B. |
Sembahyang |
|
C. |
Gotong royong |
|
D. |
Berdiskusi |
4. |
Berikut ini yang merupakan contoh
pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
adalah …. |
|
|
A. |
Patuh terhadap nasehat orang tua |
B. |
Menolong teman yang jatuh dari
sepeda |
|
C. |
Menghormati teman yang sedang
beribadah |
|
D. |
Membersihkan
kelas dengan bergotong royong |
5. |
Berikut ini yang merupakan contoh
pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila terkait dengan menjaga tumbuhan
adalah …. |
|
|
A. |
Semua warga sekolah ikut
memelihara kebun sekolah |
B. |
Semua warga sekolah membeli
berbagai jenis tanaman |
|
C. |
Siswa kelas VI melihat orang menanam tumbuhan |
|
D. |
Semua
siswa kelas VI melaksanakan piket kelas |
Teks Laporan pengamatan untuk menjawab soal nomor 6, 7, 8,
9, 10
Tanaman kacang hijau mulai berkecambah saat usia 3 hari. Saat itu terlihat kuncup batang mulai terlihat di atas permukaan tanah. Dalam percobaan yang kelompok kami lakukan akar kacang hijau terdapat dalam tanah sehingga sulit untuk di ukur. Tumbuhan kacang hijau yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan paling cepat terdapat dalam medium kapas dan pada tanaman keadaan gelap. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya dan media tanam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau.
Tanaman yang di tanam di tempat gelap batangnya cendrung lebih panjang dari pada batang yang ditanam di tempat terang. Peristiwa ini terjadi karena adanya pengaruh hormone auksin. Hormon ini sangat peka terhadap cahaya matahari. Bila terkena cahaya matahari, hormon ini akan terurai dan rusak. Di tempat yang gelap hormone auksin tidak bekerja karena tidak terkena cahaya matahari sehingga hormon auksin tidak terurai dan memacu pemanjangan batang. Namun keadaan batang di tempat gelap cendrung berwarna hijau kekuningan dan batangnya roboh. Peristiwa ini di sebut etiolasi. Berbeda dengan tanaman yang ditanam di tempat terang memiliki daun dan batang yang berwarna hijau, dan batang yang terlihat kukuh atau berdiri tegak.
6. |
Ide pokok paragraf pertama dari laporan
tersebut adalah …. |
|
|
A. |
Tanaman kacang hijau mulai berkecambah
saat usia 3 hari |
B. |
Cahaya dan media tanam mempengaruhi
pertumbuhan kacang hijau |
|
C. |
Saat itu terlihat kuncup batang mulai
terlihat di atas permukaan tanah |
|
D. |
Tumbuhan
kacang hijau mengalami pertumbuhan cepat dalam keadaan gelap |
7. |
Informasi penting yang dapat ditemukan
pada laporan tersebut adalah …. |
|
|
A. |
Tanaman diusahakan diletakkan di
tempat yang terkena sinar atau cahaya matahari |
B. |
Cahaya
dan media tanam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau |
|
C. |
Cahaya
dapat menghambat pertumbuhan batang karena cahaya dapat menguraikan auksin |
|
D. |
Tanaman
yang di tanam di media yang berbeda menghasilkan pertumbuhan yang berbeda
pula |
8. |
Ide pokok paragraf kedua dari laporan
tersebut adalah …. |
|
|
A. |
Peristiwa ini terjadi karena adanya
pengaruh hormon auksin |
B. |
Bila terkena cahaya matahari, hormon
auksin ini akan terurai dan rusak |
|
C. |
Di tempat yang gelap hormon auksin
tidak bekerja karena tidak terkena cahaya matahari |
|
D. |
Tanaman
yang di tanam di tempat gelap batangnya cendrung lebih panjang dari pada batang
yang ditanam di tempat terang |
9. |
Ciri-ciri kesimpulan yang baik adalah
…. |
|
|
A. |
Mengutip beberapa kalimat yang terdapat pada teks atau
wacana |
B. |
Menggunakan bahasa sendiri tetapi tidak keluar dari permasalahan |
|
C. |
Menulis semua kalimat yang ada pada
teks atau wacana yang dibaca |
|
D. |
Mengumpulkan
semua ide pokok pada setiap paragraf yang ada pada teks |
10. |
Kesimpulan dari laporan tersebut adalah
…. |
|
|
A. |
Cahaya dan media tanam tidak mempengaruhi
pertumbuhan pada tanaman kacang hijau |
B. |
Media
tanam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kacang hijau |
|
C. |
Cahaya
sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kacang hijau |
|
D. |
Cahaya
dan media tanam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kacang
hijau |
11. |
Tumbuhan memberikan manfaat yang
sangat besar bagi kehidupan manusia dan hewan. Berikut manfaat tumbuhan bagi manusia,
kecuali ... |
|
|
A. |
Sebagai sumber makanan dan obat-obatan |
B. |
Mencegah terjadinya erupsi gunung berapi |
|
C. |
Sebagai bahan kerajinan dan bangunan |
|
D. |
Penyedia
gas oksigen |
12. |
Perhatikan gambar berikut! 1 2 3 4 Penyerbukan tetangga ditunjukkan oleh
gambar nomor …. |
|
|
A. |
(1) |
B. |
(2) |
|
C. |
(3) |
|
D. |
(4) |
13. |
Keuntungan
perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah …. |
|
|
A. |
Tumbuh lebih cepat |
B. |
Tumbuhancepat berbuah |
|
C. |
Kualitas tumbuhan lebih baik |
|
D. |
Dapat
menghasilkan varietas baru |
14. |
Perhatikan gambar berikut! Tumbuhan pada gambar berkembangbiak
dengan cara …. |
|
|
A. |
Geragih |
B. |
Stek |
|
C. |
Tunas |
|
D. |
Spora |
15. |
Keuntungan perkembangbiakan secara
vegetatif adalah …. |
|
|
A. |
System perakaran lebih kuat |
B. |
Tumbuhan lebih cepat berbuah |
|
C. |
Umur tumbuhan akan lebih lama |
|
D. |
Dapat
dilakukan pada semua jenis tumbuhan |
16. |
Masyarakat Negara Laos terkenal dengan
sifatnya yang…. |
|
|
A. |
Sabar dan penyayang |
B. |
Santun dan sederhana |
|
C. |
Sabar dan sederhana |
|
D. |
Tekun
dan ulet |
17. |
Kepadatan penduduk yang tinggi di
Negara Singapura dapat menimbulkan beberapa permasalahan, yaitu …. |
|
|
A. |
Sosial dan budaya |
B. |
Perekonomian dan social |
|
C. |
Pendidikan dan kesejahteraan |
|
D. |
Kesempatan
kerja dan tempat tinggal |
18. |
Budaya Negara Brunei banyak dipengaruhi oleh ajaran
…. |
|
|
A. |
Kristen |
B. |
Budha |
|
C. |
Islam |
|
D. |
Hindu |
19. |
Tarian dari Filipina yang
menceritakan tentang burung yang berjalan melompat menghindari perangkap
bamboo petani padi adalah Tari …. |
|
|
A. |
Tinikling |
B. |
Lamvong |
|
C. |
Choi Kai |
|
D. |
Apsara |
20. |
Negara Indonesia dan Thailand memiliki persamaan tradisi
yaitu …. |
|
|
A. |
Minum kopi |
B. |
Makan nasi |
|
C. |
Minum the |
|
D. |
Jalan
kaki |
|
|
|
21. |
Patung nusantara terbuat dari …. |
|
|
A. |
Tanah liat |
B. |
Semen |
|
C. |
Marmer |
|
D. |
Pualam |
22. |
Teknik yang dapat dilakukan dalam pembuatan patung dari
tanah liat adalah …. |
|
|
A. |
Tekan, cungkil, dan ukir |
B. |
Cetak, tekan, dan pahat |
|
C. |
Tekan, pahat, dan ukir |
|
D. |
Cetak,
tekan, dan ukir |
23. |
Dalam proses pembuatan patung diperlukan
…. |
|
|
A. |
Keahlian mengukir yang cukup tinggi |
B. |
Kekuatan dan kelenturan tangan
yang baik |
|
C. |
Kelenturan tangan yang baik dan kesabaran
serta kedisiplinan |
|
D. |
Kesabaran
dan kekuatan tangan untuk membentuk pantung yang bagus |
|
24. |
Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan adonan plastisin adalah …. |
|
|
A. |
Tepung terigu, garam, air hangat,
minyak sayur, pewarna makanan |
B. |
Tepung terigu, garam, air hangat,
tepung tapioka, pewarna makanan |
|
C. |
Tepung terigu, gul, air hangat,
minyak sayur, pewarna makanan |
|
D. |
Tepung
terigu, tepung kanji, minyak sayur, pewarna makanan |
25. |
Perhatikan tahapan pembuatan adonan
plastisin berikut ini! 1. Campurkan terigu, garam dan minyak
sayur dalam wadah. 2. Gulung dan remas-remas adonan hingga
bercampur dengan sempurna. 3. Masukkan air hangat secara bertahap
hingga adonan menjadi liat, tidak lembek. 4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian.
Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna makanan. 5. Kemudian gulung-gulung adonan hingga
warna tercampur warna.
Tahapan proses pembuatan adonan plastisin
yang benar adalah …. |
|
|
A. |
(1), (2), (3), (4), (5) |
B. |
(1), (2), (4), (3), (5) |
|
C. |
(1), (3), (2), (4), (5) |
|
D. |
(1),
(4), (3), (2), (5) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar