Artikel Terkini

Jasa Layanan Menulis

Kami adalah Freelancer yang menawarkan jasa/layanan penulisan yang berkualitas dan bergaransi, serta dengan harga terjangkau untuk sebuah ko...

Senin, 04 Juli 2022

Mengapa kurikulum perlu berubah?"

                                        


Kurikulum kita pahami sebagai perangkat ajar yang memiliki definisi dan fungsi yang sangat kompleks dalam bidang pendidikan. Kurikulum juga dapat disebut sebagai pijakan untuk mencapai pengembangan kompetensi baik sikap, kognitif, maupun keterampilan. Kurikulum dapat saya analogikan sebagai suatu organisme yang memiliki susunan organ-organ tertentu seperti otak, jantung, dan paru-paru yang merupakan organ vital yang mendukung adanya kehidupan. Otak dapat digambarkan sebagai alat untuk berpikir, jantung untuk memompa darah keseluruh  tubuh, dan paru-paru untuk pertukaran/organ pernapasan dalam. Jika ingin organisme ini terawat dengan baik, maka jagalah organ-organ vital tersebut. Begitu juga harapan kita, jika ingin menghasilkan generasi emas 20-30 tahun mendatang, maka kembangkanlah Kurikulum yang baik dan bisa menjembatani harapan tersebut.  

Perbaikan kurikulum adalah upaya penyesuaian yang dilakukan untuk meningkatkan koheresi, kesesuaian, kedayagunaan, keterlaksanaan dan keberhasilan program kurikuler berdasarkan informasi yang telah didapatkan sebelumnya dan diperoleh melalui penilaian dan pengukuran skala nasional. Ada 3 hal yang mendasari mengapa kurikulum harus berubah, pertama agar relevan dengan perkemangan jaman, kedua agar dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa, dan ketiga agar dapat menyiapkan generasi masa depan yang memiliki visi.



Kita juga amat lazim dan latah sekali mendengar ganti menteri ganti kurikulum. Sesungguhnya bukan itu yang mendasari persoalan perubahan kurikulum. Kita sebagai guru, orang tua, dan tenaga lainnya yang berkecimpung dalam pendidikan harus menyadari bahwa, dibalik perubahan-perubahan itu ada alasan yang mesti kita pahami dengan arif bijaksana. Memang benar pergantian kurikulum itu didasarkan pada perkembangan masyarakat jaman sekarang dan IPTEK yang sedang berkembang. Untuk itu, mau tidak mau, perubahan pasti akan dilakukan dan bukan hanya sekadar oleh kehendak dari pemerintah semata (cnnindonesia.com,; 2022). Utamanya adalah Guru itu sendiri yang harus berubah secara terus menerus sebagai proses belajar sepanjang hayat.

Perbaikan kurikulum adalah suatu keharusan dan wajib bagi seorang guru professional. Perbaikan ini sangat perlu dilakukan karena kondisi anak-anak di setiap kelas di setiap fase tidaklah sama.metode belajar PBL mungkin cocok untuk untuk kelas fase C, tetapi belum tentu cocok untuk fase A. guru harus tanggap terhadap situasi dan kondisi belajar siswa. Guru harus siap mengadakan perbaikan atau revisi terhadap kurikulum yang telah dirancang apabila ternyata tidak cocok dengan situasi dan kondisi di kelas.

Sekali lagi ditekankan bahwa, kualitas para guru dalam artian spirit berubah dan juga kedisiplinan para guru dalam mendidik murid-murid telah menjadi bagian penting dalam perubahan kurikulum. Ketika kurikulum berubah maka guru, tenaga kependidikan, dan yang lainnyapun harus siap berubah untuk maju.  Dengan demikian kurikulum berubah diimbangi dengan perubahan yang lain maka tujuan pendidikan akan tercapai dengan mudah. Mengapa Kurikulum harus berubah?....”Karena cara pandang kita terhadap dunia saat ini sedang berubah” dan menurut saya jawaban ini layak untuk dipertahankan.

 

 

(Sumber: Koleksi foto Sekolah, 2022)


Kita tidak akan mungkin tetap mengajar dengan cara yang kuno semisal ceramah dan hanya mengandalkan buku teks. Tentu itu tidak akan relevan dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran tentunya juga akan menjadi membosankan. Selaku guru saat ini sudah disediakan aplikasi Merdeka Mengajar tentunya sangat memudahkan guru untuk berkembang dan memberikan layanan yang terbaik untuk kebutuhan belajar anak. Amatilah anak-anak jaman  sekarang, mereka sudah lahir dengan teknologi disekitarnya.

Dinamika masyarakat yang di sebabkan oleh berbagai faktor, menyebabkan gerakan masyarakat, baik vertikal maupun horizontal membawa pengaruh besar bagi pengembangan pendidikan. Berdasarkan faktor-faktor itulah, maka pemikiran kearah perbaikan kurikulum harus di lakukan demi memenuhi cita-cita masyarakat untuk masa depannya.

Jadi dapat saya sampaikan bahwa, Perubahan kurikulum dilakukan sebagai upaya penyesuaian yang dilakukan untuk meningkatkan kesesuaian, kedayagunaan, keterlaksanaan dan keberhasilan program kurikuler, intrkurikuler, dan ekstrakurikuler berdasarkan informasi yang diperoleh melalui evaluasi menyeluruh.

faktor-faktor yang menyebabkan adalah perubahan sosial yang berdampak pada pendidikan, relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat, persoalan mutu pendidikan, adanya pergeseran penekanan tujuan pembelajaran., adanya pergeseran orientasi proses pembelajaran, studi komparatif terhadap kurikulum Negara lain, tantangan kurikulum pada abad 21, dan globalisasi dibidang pendidkan.

 

Sumber/Rujukan:

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20170523112430-445-216635/rumitnya kurikulum-pendidikan-kita (Diakses pada tanggal 04 Juli 2022)

 

https://karyakami09.wordpress.com/2018/04/17/makalah-perbaikan-kurikulum/ (Diakses pada tanggal 04 Juli 2022)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler