Tema : 2 (Persatuan Dalam Perbedaan)
Sub Tema :
2 (Bekerjasama Mencapai Tujuan)
Kelas / Semester :
VI (enam)/1
Berilah tanda silang (×) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar!
1. |
Manfaat persatuan dalam kehidupan sehari-hari adalah …. |
|
|
A. |
Menjaga kekompakan dalam suatu kelompok |
B. |
memperkuat dan memperkokoh perdamaian |
|
C. |
timbulnya rasa persaingan antar warga |
|
D. |
Kepentingan pribadi terpenuhi |
2. |
1. Dapat bekerjasama dengan baik 2. Kurangnya komunikasi dengan sesama 3. Timbulnya rasa aman dan tentram 4. Sering terjadi perselisihan 5. Menjaga kerukunan antar warga Manfaat persatuan dalam kehidupan ditunjukkan oleh
nomer …. |
|
|
A. |
1,2, dan 3 |
B. |
1, 3 dan 5 |
|
C. |
2, 3, dan 4 |
|
D. |
2, 4 dan 5 |
3. |
Contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam NKRI yaitu
…. |
|
|
A. |
Memperkuat jati diri NKRI dan takut tantangan |
B. |
Memudahkan mencapai tujuan nasional yang sama dengan
negara lain |
|
C. |
Menciptakan suasana yang tentram, kurangaman, dan
siapmenghadapi ancaman |
|
D. |
memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala ancaman
dan gangguan dalam bernegara |
4. |
Negara Indonesia adalah negara yang besar dengan beragam
suku bangsa. Untuk menjaga keutuhan NKRI kita harus memiliki rasa persatuan
dan kesatuan. Hal tersebut bermanfaat untuk …. |
|
|
A. |
modal melawan ancaman dari luar |
B. |
Menunjukkan kehebatan negara kita |
|
C. |
Mempermudah mencapai tujuan nasional |
|
D. |
membuat negara lain tunduk terhadap negara kita |
5. |
Contoh pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari yaitu …. |
|
|
A. |
Membuat kerusuhan di lingkungan sekolah |
B. |
Bergaul dengan teman yang memiliki kepercayaan yang
sama |
|
C. |
saling bahu membahu saat bergotong royong membersihkan sekolah |
|
D. |
bekerjasama dan saling tolong menolong antar sesama teman
dalam satu kelompok |
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomer 6-8 !
6. |
Mengapa terjadi pertempuran dahsyat di Surabaya? |
|
|
A. |
Karena Brigadir Jendral Mallaby terbunuh |
B. |
Karena pimpinan tantara Indonesia bersenjata |
|
C. |
karena ultimatum sekutuditolak olehpihak Indonesia |
|
D. |
karena tantara Inggris berhasil dipukul mundur oleh
tantara Indonesia |
7. |
Kapan pertempuran yang sangat dahsyat terjadi di
Surabaya? |
|
|
A. |
10 Oktober 1945 |
B. |
25Oktober 1945 |
|
C. |
10 November 1945 |
|
D. |
25November 1945 |
8. |
Siapakah Brigadir Jendral Mallaby? |
|
|
A. |
Pemimpin tantara sekutu |
B. |
Tentara Inggris yang mati tertembak |
|
C. |
Pemimpin pasukan tantara Indonesia |
|
D. |
Pimpinan pasukan Belanda yang datangke Indonesia |
9. |
Perhatikan teks berikut! Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus
1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan
kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan
Belanda. Berdasarkan kata yang dicetak miring kalimat tersebut kurang
efektif karena tidak memenuhi ciri-ciri kalimat efektif yaitu …. |
|
|
A. |
Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku |
B. |
Menggunakan struktur bahasa yang tepat |
|
C. |
Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan |
|
D. |
Memiliki unsure penting atau pokok (minimal unsure subjek
dan predikat) |
10. |
Perhatikan teks berikut! Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan
ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia.
Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di
berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh
pasukan Inggris. Teks tersebut sudah memenuhi ciri-ciri kalimat efektif yaitu
…. |
|
|
A. |
Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsure subjek
dan predikat) |
B. |
Menggunakan kata-kata yang berlebihan |
|
C. |
Menggunakan stuktur bahasa singkat |
|
D. |
Memenuhi gagasan yang rangkap |
11. |
Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya
berada di air. Ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa …. |
|
|
A. |
selaput pada ujung kakinya |
B. |
bulu yang berselaput untuk berenang |
|
C. |
paruh yang pendek dan runcing pada bagian ujungnya. |
|
D. |
paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya. |
12. |
Ikan hidup di air, maka untuk bernafas ikan memiliki …. |
|
|
A. |
Pundi-pundi udara |
B. |
paru-paru |
|
C. |
trakea |
|
D. |
insang |
13. |
Ayam hidup di darat dan mencari makan di tanah. Ciri
yang dimiliki oleh ayam untuk mencari makan adalah …. |
|
|
A. |
Memiliki paruh yang panjang dan runcing |
B. |
Memiliki sayap yang lebar |
|
C. |
Memiliki bulu yang lebat |
|
D. |
Memiliki kaki pengais |
14. |
Perhatikan gambar berikut! Hewan tersebut memiliki ciri khusus yaitu …. |
|
|
A. |
Memiliki punuk menyimpan lemak |
B. |
Mengeluarkan tinta perekat saat terancam |
|
C. |
Memutuskan ekornya saat merasa terancam |
|
D. |
Menggulung tubuhnya saat mendapatkan serangan musuh |
15. |
Perhatikan gambar berikut! Hewan tersebut menyesuaikan diri dengan cara …. |
|
|
A. |
Ekolokasi |
B. |
Kamuflase |
|
C. |
Autotomi |
|
D. |
Mimikri |
16. |
Makna proklamasi kemerdekaan yaitu …. |
|
|
A. |
Merupakan akhir perjuangan bangsa |
B. |
Titik tolak penjajahan datang ke bangsa kita |
|
C. |
Awal dari penjajahan negara asing |
|
D. |
Lahirnya sebuah bangsa Indonesia |
17. |
Para pahlawan pejuang bangsa sangat gigih berjuang agar
kita bisa merdeka. Kemerdekaan sangat besar artinya bagi bangsa kita yang
telah lama dijajah. Maknakemerdekaanbagibangsakitayaitu … |
|
|
A. |
Mengakui kedaulatan negara lain |
B. |
Mengakui kebebasan negara lain |
|
C. |
Menaikkan martabat bangsa penjajah |
|
D. |
Tonggak sejarah bangsa indonesia |
18. |
Makna dari upaya mempertahankan kemerdekaan dengan berbagai
pertempuran diberbagai tempa adalah …. |
|
|
A. |
Mengusir penjajah |
B. |
Melumpuhkan sekutu |
|
C. |
merebut dan melucuti senjata penjajah |
|
D. |
merebut dan mempertahan kankembali tanah air tercinta |
19. |
1. Siap sedia membela tanah air 2. Menjaga keutuhan bangsa dan negara 3. Bekerjasama dengan sekutu jika menguntungkan 4. Menolak campur tangan atau intervensi asing 5. Memperkuat system pertahanan dan keamanan rakyat semesta Upaya mempertahankan kemerdekaan ditunjukkan oleh nomer
…. |
|
|
A. |
1, 2, dan 3 |
B. |
2, 3, dan 4 |
|
C. |
2, 4, dan 5 |
|
D. |
3, 4, dan 5 |
20. |
Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan
salah satu upaya mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Makna upaya tersebut
adalah …. |
|
|
A. |
Menjaga persatuan bangsa |
B. |
Mensejah terakan rakyat di perkotan |
|
C. |
Membangun generasi bangsa agar lebih maju |
|
D. |
menyaingi negara-negara maju yang pernah menjajah kita |
|
|
|
|
21. |
Tari Indang memiliki pola lantai |
|
|
A. |
diagonal |
B. |
horisontal |
|
C. |
segi zig zag |
|
D. |
Segi empat silang |
22. |
Perhatikan gambar berikut! |
|
|
A. |
vertikal |
B. |
horisontal |
|
C. |
segi zig zag |
|
D. |
Segi empat silang |
23. |
Perhatikan Gambar berikut! Pola lantai pada tari tersebut adalah …. |
|
|
A. |
horizontal |
B. |
diagonal |
|
C. |
vertikal |
|
D. |
segi lima |
24. |
Perhatikan gambar berikut! Pola lantai pada tari tersebut adalah …. |
|
|
A. |
horisontal |
B. |
lingkaran |
|
C. |
segi lima |
|
D. |
zig-zag |
25. |
Tari rejang memiliki pola lantai …. |
|
|
A. |
vertikal |
B. |
horisontal |
|
C. |
segi zig zag |
|
D. |
Segi empat silang |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar