Itulah sebabnya untuk
menjadi sukses Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit dan terlalu jauh.
Terkadang yang sederhana itu akan menjadi kreatif, karena sangat mudah
dimengerti oleh orang banyak. Dalam sebuah perusahaan ada Divisi khusus yang
tugasnya menemukan hal-hal baru seperti bagian Research and Developmen
(R&D). Divisi tersebut dewasa ini tentunya dituntut agar lebih
kreatif lagi dan lebih banyak mempelajari pasar dan psikologi prilaku manusia
agar unggul dari persaingan inovasi yang ketat ini.
Sebagai contoh lain bagi
Anda untuk menjadi kreatif ialah dengan menulis sesuatu seperti novel atau
cerita bisa jadi keuntungan besar. Apalagi kalau karyanya itu diangkat ke layar
lebar, tentu hal itu akan semakin menguntungkan. Ada banyak penulis berbakat di
dunia ini yang beruntung dengan karya tulisannya yang membuat ia jadi kaya
raya. Kita bisa lihat Stephenie Meyer yang memiliki kekayaan bersih $125
juta atau setara dengan Rp 1.48 triliun dari hasil menulis sebuah buku. Film Twilight, film
romantis yang menceritakan kisah cinta seorang vampir kepada manusia, New
Moon, Eclipse dan Breaking Dawn merupakan adaptasi
dari novel karya besar yang dibuat oleh Stephenie Meyer.
Awalnya Stephenie menulis
konsep Twilight hanya untuk bersenang-senang. Tapi saudaranya
mendorong ia untuk mengirimkan tulisannya kepada penerbit. Sejak karyanya itu
diangkat ke layar lebar, Stephenie menjadi penulis terkenal dan terkaya di
dunia. Itu terjadi karena berawal dari mimpi. Berawal dari kreativitas dalam
menciptakan sebuah karya, sehingga kehidupan sang penulis pun kini telah
berubah menjadi lebih baik. Sungguh dahsyat kekuatan dari kreativitas itu.
Kita bisa lihat
juga Joseph Theodorus Wulianadi alias Joger pemiliki jargon bukan
siapa-siapa bukan apa-apa. Ia adalah produsen
kaos joger di Bali. Mr. Joger begitu panggilan akrabnya. Ia
pantas disebut sebagai orang kreatif karena ia bisa memunculkan ide dan
diterima orang lain dengan senang hati. Jika Dagadu membawa harum nama Jogja,
sedangkan Joger ini pastinya telah membawa harum nama Bali. Bagi anda yang
berkunjung ke Bali ini pastinya anda merasa belum lengkap kalau belum
berkunjung ke Joger. Berwisata tampaknya memang tidak akan lengkap jika anda
pulang dengan tangan kosong tanpa oleh-oleh khas apapun. Salah satu solusi
untuk souvenir dari Bali yang menarik dan pasti disukai oleh keluarga adalah
kaos Joger ini.
Dengan permainan kata yang
asyik dan menggelitik ini sudah sepantasnya bahwa Mr. Joger si pemilik bisnis
menamai tempat penjualannya dengan Joger pabrik kata-kata. Unik memang, tapi
justru inilah yang mampu menarik minat konsumen untuk datang. Rahasia kisah
sukses kaos Joger ini tidak lepas dari kerja keras seorang Joseph. Ia adalah
seorang pengusaha kaos yang memiliki semangat dan kreativitas tinggi.
Berawal dari modal awal
sekitar 500 ribu ini, Si
pemilik Joger telah berhasil menunjukkan keberhasilannya dalam menciptakan
produk yang banyak digemari oleh masyarakat. Melihat respon positif dari
masyarakat kepada produk yang dijualnya, akhirnya membuat pria ini termotivasi
untuk terus mengembangkan bisnisnya. Dari ketrampilannya mengolah kata-kata
lucu dan unik ini, Joger terus berkembang dan semakin banyak diminati. Didukung
dengan sistem manajemen yang baik, maka tidak heran jika akhirnya produk Joger
ini telah diakui sebagai produk berkualitas dan banyak dipercaya oleh konsumen.
Pemilik pabrik kata-kata
Joger ini bahkan disebut sebagai orang kreatif yang mampu memunculkan ide gila,
aneh, menipu semua orang tapi bagaimana yang ditipu tidak merasa ditipu, dan
malah merasa senang. Berawal dari itikad baik untuk menjadi manusia yang baik,
minimal tidak menjadi parasit di negeri tercinta atau tidak menjadi
pengangguran atau menjadi beban bagi orang lain adalah motivasi awal bagi Mr.
Joger untuk merintis usahanya.
Design produk
yang identik dengan kata-kata unik dan lucu ini menjadi daya tarik tersendiri
bagi setiap konsumen, dan pastinya keistimewaan ini pula
yang membuat Si pemakai
kaos Joger menjadi lebih percaya diri karena merasa beda. Ciri khas dari
kata-kata yang terdapat dalam kaos Joger ini memang terkesan menipu pembacanya,
tapi menurut si pemilik bisnis ini, menipu di sini justru akan membuat orang
yang ditipu tersenyum.
Kreativitas dan inovasi yang
selalu diterapkan oleh pemilik bisnis ini semakin membuktikan bahwa bisnis yang
berdasarkan keduanya tidak akan mengenal yang namanya persaingan. Inilah
strategi menghadapi persoalan hidup dengan bertindak kreatif. Berbekal
keterampilan sederhana yaitu membuat kata-kata unik lalu dikembangkan menjadi
sebuah bisnis yang sesuai kemampuan, maka tindakan itu akan membuat kita cukup
berkelimpahan. Pendeknya untuk
mengembangkan usaha tidak selalu bermodalkan uang yang besar, tapi passion dan
kreativitas.
Meski seharusnya suatu
bisnis besar memiliki satu strategi yang diterapkan untuk menjalankan
bisnisnya, tapi Mr. Joger ini justru mengaku bahwa tidak ada strategi dan
taktik untuk bisa mendapatkan keuntungan di bisnis ini. Ia mengatakan bahwa
jika suatu bisnis selalu berorientasi dengan money oriented, tapi
di Joger justru berorientasi pada happiness oriented. Ini
artinya tujuan utama menjalankan bisnis ini bukan untuk uang semata, tapi lebih
diutamakan adalah kebahagiaan konsumen dan kepuasannya.
Sebuah komitmen yang bagus
memang untuk sebuah bisnis yang berbasis pada kreativitas. Unik memang, tapi
pantas untuk dipertimbangkan, karena jika dipikir-pikir memberikan kepuasan
kepada konsumen akan berdampak pada keuntungan finansial yang diperoleh.
Bagaimanapun juga kepuasan konsumen memang merupakan faktor penting yang harus
diperhatikan. Banyak pengusaha yang telah membuktikan keuntungannya memberikan
kepuasan kepada konsumennya. Dan ternyata, hal ini pulalah yang menjadi faktor
penting dibalik kisah sukses kaos Joger. Didukung dengan komitmen dan
konsistensi yang dijalankan secara konsekuen, berhasil mengantarkan Mr. Joger
dan bisnisnya menuju keberhasilan.
Mr. Joger berkata “Saya ini
kan bukan ahli bahasa, saya juga bukan orang pintar. Tapi tampaknya Ia punya
keyakinan yang cukup untuk mendukung keberaniannya dalam mengemukakan niat-niat
baik melalui karya-karyanya yang jelek-jelek. Tapi bukan salahnya kalau
ternyata banyak masyarakat dalam maupun luar negeri yang jatuh hati dan secara
rutin mau membeli produk-produk Joger yang jelek-jelek ini”.
Bisnis bagi Mr. Joger adalah
bagaimana caranya menipu konsumen secara baik-baik, sehingga mereka merasa
senang dan merasa tidak ditipu, dan datang lagi minta ditipu secara
berkesinambungan. Marketing yang handal adalah orang yang sudah bisa
mempengaruhi jiwa konsumen. Bukan lagi hanya kantongnya, sehingga orang
tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Kunci keberhasilan adalah kejujuran yang
mengandung itikad baik. Dalam berusaha Ia tidak selalu memikirkan untung.
Keuntungan hanya membuat kita kaya secara materi, namun tidak secara batin.
Untuk apa kaya kalau tidak bahagia? Bukan berarti dirinya menganjurkan miskin.
Akan lebih rugi bila sudah miskin bahkan tidak bahagia.
Menurutnya “tujuan hidup
bukan miskin atau kaya, tapi bahagia. Bahagia adalah orang yang bisa berkarya
untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk masyarakat”. Kalau mau kaya, usahakan
jangan sampai orang lain menjadi miskin karenanya. Mr. Joger mempunyai filosofi
“lebih baik sedikit tetapi cukup daripada banyak tetapi kurang.” Miskin di sini
Ia artikan adalah cukup. Kalau sudah merasa sudah cukup, untuk apa memikirkan
banyak? Dalam hidup Ia memakai sistem kompromi. Separuh untuk nafkah separuh
lagi untuk kehidupan. Karena mencari nafkah itu belum tentu hidup. Apabila
sudah bisa menikmati hidup, barulah namanya hidup.
Hidup itu sebenarnya mudah
karena Tuhan Maha Baik, Tuhan akan memberikan segala yang diminta hambanya.
Manusia itu sering berbicara bahwa Tuhan Maha Tahu, tapi mereka sok. Tuhan Maha
Kuasa tapi kita sok kuasa akhirnya kita tidak mau rendah hati. Sebetulnya,
kalau rendah hati, hidup ini jadi indah. Demikian kata inspirasi dari Bos Joger. Selain
mengelola Joger, Ia juga sering menjadi pembicara di seminar-seminar. Ia sering
mengungkapkan, kembangkanlah diri
kalau mau percaya diri. Tapi sebelum mengembangkan diri, harus tahu diri. Jadi
intinya adalah tahu diri, setelah itu percaya diri. Bagaimana bisa berusaha,
bila tidak percaya diri dan tidak bisa mengembangkan diri.
Inilah pelajaran besar dari
Mr. Joger yang bertindak kreatif. Agar kita bisa selalu berpikir kreatif untuk
menyelesaikan permasalahan di setiap pekerjaan, berikut ini ada beberapa cara
yang dapat membantu Anda dan segera bisa Anda praktekkan. Berawal dari strategi
berpikir kreatif kemudian diringi dengan langkah-langkah yang kreatif juga.
Sebagai sebuah contoh bahwa,
sebelum kita mulai untuk meningkatkan kualitas kreativitas kita dalam
pekerjaan, tanyakan kepada diri sendiri apa saat ini yang menjadi masalah?
Temukan masalah-masalah atau keterbatasan yang ada dalam pekerjaan Anda saat
ini yang kemudian harus dicari solusinya. Misalkan, ternyata selama 2 bulan
terakhir website atau blog mengalami penurunan pengunjung.
Cari tahulah dulu dimana masalahnya? Dengan mengetahui masalah dan
mengidentifikasi penyebabnya, kita pun akan tergerak mencari solusinya. Inilah
yang disebut berpikir secara kreatif.
Strategi kreatif berikutnya
ialah selalu memikirkan cara yang lebih baik. Orang sukses selalu
berkata “Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas saya?” “bagaimana saya
dapat mengerjakannya dengan lebih baik?” Ketika Anda merasa pekerjaan Anda sedang
baik-baik saja, seharusnya saat itu pula kita harus berhati-hati. Mengapa
demikian? Karena ketika kita merasa semua aman, bisa jadi saat itu kita sedang
berada dalam zona nyaman. Ketika kita merasa semua sudah berjalan dengan
lancar, tingkatkan kualitas Anda dengan bertanya “Bagaimana agar saya bisa
melakukannya dengan lebih baik lagi?” Dengan pertanyaan ini, Anda pun
terpancing untuk menemukan metode-metode baru untuk melakukan pekerjaan Anda
dengan cara yang jauh lebih baik.
Orang sukses tidak bertanya
“dapatkah saya mengerjakannya dengan lebih baik lagi?” Ia sudah selesai pada
bagian pertanyaan kekuatan kepercayaan itu. Ia sudah berhasil melalui tahap
sebelumnya, yaitu percaya. Jadi ia ubah pertanyaannya dengan “bagaimana saya
dapat mengerjakannya dengan lebih baik lagi? Orang kreatif percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Percaya
bahwa sesuatu dapat dilakukan membuat pikiran bergerak untuk mencari cara
terbaik untuk melakukannya. Setelah Anda menemukan sebuah ide untuk membuat
pekerjaan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, percayalah bahwa itu bisa
dilakukan. Ketika kita percaya
suatu hal baru dapat dilakukan, pikiran kita dengan sendirinya akan aktif
mencari cara terbaik untuk melakukannya.
Sebagai contoh, dalam sebuah
seminar, seorang pembicara melemparkan pertanyaan “Bagaimana menurut Anda jika
penjara dihapuskan?” sebagian orang yang hadir menjawab bahwa tidak mungkin
jika penjara dihapuskan karena akan semakin banyak orang yang berbuat kriminal.
Akan tetapi, ada beberapa orang dengan kemampuan berpikir kreatif yang yakin
bahwa penjara bisa dihapuskan. Dengan cara berpikir seperti ini, orang-orang
tersebut dengan mudah memberikan solusi seperti “Penjara dapat dihapuskan.
Caranya adalah dengan memperbanyak rumah singgah bagi pelaku kejahatan dan
membuat berbagai keegiatan positif di dalamnya. Selain itu, penjara juga dapat
dihapuskan dengan cara terus menerus melakukan penyuluhan psikologis kepada
para pelaku kejahatan.” Ide kreatif
bukan?
Jika Anda percaya sesuatu
itu tidak mungkin, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda untuk membuktikan
mengapa itu tidak mungkin. Berpikir tidak mungkin akan menutup pikiran kreatif
Anda. Hapus kata tidak mungkin. Sedangkan, percaya sesuatu dapat dijalankan dan dapat melincinkan jalan menuju solusi
yang kreatif. Pikirkan hal istimewa yang ingin Anda lakukan dan tulis
mengapa Anda dapat melakukannya. Terapkan cara ini dalam setiap pekerjaan
Anda. Pikirkan hal-hal hebat yang bisa Anda lakukan dan tambahlah kapasitas
bekerja Anda saat ini. Setelah itu, temukan alasan mengapa Anda mampu
melakukannya.
Langkah kreatif berikutnya
ialah Anda harus terbuka pada perubahan. Jangan bekukan pikiran Anda,
karena tidak ada yang bisa tumbuh di atas es. Supaya Anda tetap menjadi
unggul di antara orang banyak adalah dengan terbuka pada perubahan. Banyak
orang yang selama ini enggan atau menolak perubahan hanya karena sudah terbiasa
melakukan suatu pekerjaan dengan cara lama yang sudah bertahun-tahun dilakukan.
Hal yang harus Anda lakukan adalah menerima setiap kemungkinan perubahan pada
cara bekerja Anda. Tinggalkan cara lama yang menurut Anda kurang efektif lagi
dan temukan cara baru yang lebih memudahkan produktivitas Anda.
Ingatlah bahwa ada banyak
cara terbaik sebanyak adanya pikiran yang kreatif. Jadilah orang yang suka
bereksperimen. Jangan pernah berasumsi sebelum Anda coba
melakukannya. Bereksperimen yang dimaksud dalam hal ini adalah tidak membatasi
diri pada beberapa cara saja. Jadilah
orang yang suka mencoba berbagai hal baru. Jadilah orang yang bersedia
menerima gagasan.
Kuncinya adalah dengan
mendengar masukan dari orang lain. Gagasan bisa muncul darimana saja. Pastikan
Anda bersedia menerima gagasan yang Anda dapatkan dari berbagai
sumber. Jadilah progresif, bukan regresif. Pikirkan bagaimana
cara melakukan dengan lebih baik lagi? Selanjutnya, kira-kira ide kreatif apa
yang akan Anda terapkan dalam pekerjaan Anda mulai saat ini? itulah kunci
kreatif. Jadilah kreatif dan produktif. Sebab buah dikenal dari pohonnya yang berarti
seseorang dikenal oleh orang lain atas hasil karya besarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar