Artikel Terkini

Jasa Layanan Menulis

Kami adalah Freelancer yang menawarkan jasa/layanan penulisan yang berkualitas dan bergaransi, serta dengan harga terjangkau untuk sebuah ko...

Selasa, 25 Agustus 2020

Karya Legendaris Hanya Dimiliki dan Diciptakan oleh Orang-orang Besar dan Kreatif

 


Itulah sebabnya untuk menjadi sukses Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit dan terlalu jauh. Terkadang yang sederhana itu akan menjadi kreatif, karena sangat mudah dimengerti oleh orang banyak. Dalam sebuah perusahaan ada Divisi khusus yang tugasnya menemukan hal-hal baru seperti bagian Research and Developmen (R&D). Divisi tersebut dewasa ini tentunya dituntut agar lebih kreatif lagi dan lebih banyak mempelajari pasar dan psikologi prilaku manusia agar unggul dari persaingan inovasi yang ketat ini.

Sebagai contoh lain bagi Anda untuk menjadi kreatif ialah dengan menulis sesuatu seperti novel atau cerita bisa jadi keuntungan besar. Apalagi kalau karyanya itu diangkat ke layar lebar, tentu hal itu akan semakin menguntungkan. Ada banyak penulis berbakat di dunia ini yang beruntung dengan karya tulisannya yang membuat ia jadi kaya raya. Kita bisa lihat Stephenie Meyer yang memiliki kekayaan bersih $125 juta atau setara dengan Rp 1.48 triliun dari hasil menulis sebuah buku. Film Twilight, film romantis yang menceritakan kisah cinta seorang vampir kepada manusia, New Moon, Eclipse dan Breaking Dawn merupakan adaptasi dari novel karya besar yang dibuat oleh Stephenie Meyer.

Awalnya Stephenie menulis konsep Twilight hanya untuk bersenang-senang. Tapi saudaranya mendorong ia untuk mengirimkan tulisannya kepada penerbit. Sejak karyanya itu diangkat ke layar lebar, Stephenie menjadi penulis terkenal dan terkaya di dunia. Itu terjadi karena berawal dari mimpi. Berawal dari kreativitas dalam menciptakan sebuah karya, sehingga kehidupan sang penulis pun kini telah berubah menjadi lebih baik. Sungguh dahsyat kekuatan dari kreativitas itu.

Kita bisa lihat juga Joseph Theodorus Wulianadi alias Joger pemiliki jargon bukan siapa-siapa bukan apa-apa. Ia adalah produsen kaos joger di Bali. Mr. Joger  begitu panggilan akrabnya. Ia pantas disebut sebagai orang kreatif karena ia bisa memunculkan ide dan diterima orang lain dengan senang hati. Jika Dagadu membawa harum nama Jogja, sedangkan Joger ini pastinya telah membawa harum nama Bali. Bagi anda yang berkunjung ke Bali ini pastinya anda merasa belum lengkap kalau belum berkunjung ke Joger. Berwisata tampaknya memang tidak akan lengkap jika anda pulang dengan tangan kosong tanpa oleh-oleh khas apapun. Salah satu solusi untuk souvenir dari Bali yang menarik dan pasti disukai oleh keluarga adalah kaos Joger ini.

Dengan permainan kata yang asyik dan menggelitik ini sudah sepantasnya bahwa Mr. Joger si pemilik bisnis menamai tempat penjualannya dengan Joger pabrik kata-kata. Unik memang, tapi justru inilah yang mampu menarik minat konsumen untuk datang. Rahasia kisah sukses kaos Joger ini tidak lepas dari kerja keras seorang Joseph. Ia adalah seorang pengusaha kaos yang memiliki semangat dan kreativitas tinggi.

Berawal dari modal awal sekitar 500 ribu ini, Si pemilik Joger telah berhasil menunjukkan keberhasilannya dalam menciptakan produk yang banyak digemari oleh masyarakat. Melihat respon positif dari masyarakat kepada produk yang dijualnya, akhirnya membuat pria ini termotivasi untuk terus mengembangkan bisnisnya. Dari ketrampilannya mengolah kata-kata lucu dan unik ini, Joger terus berkembang dan semakin banyak diminati. Didukung dengan sistem manajemen yang baik, maka tidak heran jika akhirnya produk Joger ini telah diakui sebagai produk berkualitas dan banyak dipercaya oleh konsumen.

Pemilik pabrik kata-kata Joger ini bahkan disebut sebagai orang kreatif yang mampu memunculkan ide gila, aneh, menipu semua orang tapi bagaimana yang ditipu tidak merasa ditipu, dan malah merasa senang. Berawal dari itikad baik untuk menjadi manusia yang baik, minimal tidak menjadi parasit di negeri tercinta atau tidak menjadi pengangguran atau menjadi beban bagi orang lain adalah motivasi awal bagi Mr. Joger untuk merintis usahanya.

Design produk yang identik dengan kata-kata unik dan lucu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap konsumen, dan pastinya keistimewaan ini pula yang membuat Si pemakai kaos Joger menjadi lebih percaya diri karena merasa beda. Ciri khas dari kata-kata yang terdapat dalam kaos Joger ini memang terkesan menipu pembacanya, tapi menurut si pemilik bisnis ini, menipu di sini justru akan membuat orang yang ditipu tersenyum.

Kreativitas dan inovasi yang selalu diterapkan oleh pemilik bisnis ini semakin membuktikan bahwa bisnis yang berdasarkan keduanya tidak akan mengenal yang namanya persaingan. Inilah strategi menghadapi persoalan hidup dengan bertindak kreatif. Berbekal keterampilan sederhana yaitu membuat kata-kata unik lalu dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang sesuai kemampuan, maka tindakan itu akan membuat kita cukup berkelimpahan. Pendeknya untuk mengembangkan usaha tidak selalu bermodalkan uang yang besar, tapi passion dan kreativitas.

Meski seharusnya suatu bisnis besar memiliki satu strategi yang diterapkan untuk menjalankan bisnisnya, tapi Mr. Joger ini justru mengaku bahwa tidak ada strategi dan taktik untuk bisa mendapatkan keuntungan di bisnis ini. Ia mengatakan bahwa jika suatu bisnis selalu berorientasi dengan money oriented, tapi di Joger justru berorientasi pada happiness oriented. Ini artinya tujuan utama menjalankan bisnis ini bukan untuk uang semata, tapi lebih diutamakan adalah kebahagiaan konsumen dan kepuasannya.

Sebuah komitmen yang bagus memang untuk sebuah bisnis yang berbasis pada kreativitas. Unik memang, tapi pantas untuk dipertimbangkan, karena jika dipikir-pikir memberikan kepuasan kepada konsumen akan berdampak pada keuntungan finansial yang diperoleh. Bagaimanapun juga kepuasan konsumen memang merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Banyak pengusaha yang telah membuktikan keuntungannya memberikan kepuasan kepada konsumennya. Dan ternyata, hal ini pulalah yang menjadi faktor penting dibalik kisah sukses kaos Joger. Didukung dengan komitmen dan konsistensi yang dijalankan secara konsekuen, berhasil mengantarkan Mr. Joger dan bisnisnya menuju keberhasilan.

Mr. Joger berkata “Saya ini kan bukan ahli bahasa, saya juga bukan orang pintar. Tapi tampaknya Ia punya keyakinan yang cukup untuk mendukung keberaniannya dalam mengemukakan niat-niat baik melalui karya-karyanya yang jelek-jelek. Tapi bukan salahnya kalau ternyata banyak masyarakat dalam maupun luar negeri yang jatuh hati dan secara rutin mau membeli produk-produk Joger yang jelek-jelek ini”.

Bisnis bagi Mr. Joger adalah bagaimana caranya menipu konsumen secara baik-baik, sehingga mereka merasa senang dan merasa tidak ditipu, dan datang lagi minta ditipu secara berkesinambungan. Marketing yang handal adalah orang yang sudah bisa mempengaruhi jiwa konsumen. Bukan lagi hanya kantongnya, sehingga orang tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Kunci keberhasilan adalah kejujuran yang mengandung itikad baik. Dalam berusaha Ia tidak selalu memikirkan untung. Keuntungan hanya membuat kita kaya secara materi, namun tidak secara batin. Untuk apa kaya kalau tidak bahagia? Bukan berarti dirinya menganjurkan miskin. Akan lebih rugi bila sudah miskin bahkan tidak bahagia.

Menurutnya “tujuan hidup bukan miskin atau kaya, tapi bahagia. Bahagia adalah orang yang bisa berkarya untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk masyarakat”. Kalau mau kaya, usahakan jangan sampai orang lain menjadi miskin karenanya. Mr. Joger mempunyai filosofi “lebih baik sedikit tetapi cukup daripada banyak tetapi kurang.” Miskin di sini Ia artikan adalah cukup. Kalau sudah merasa sudah cukup, untuk apa memikirkan banyak? Dalam hidup Ia memakai sistem kompromi. Separuh untuk nafkah separuh lagi untuk kehidupan. Karena mencari nafkah itu belum tentu hidup. Apabila sudah bisa menikmati hidup, barulah namanya hidup.

Hidup itu sebenarnya mudah karena Tuhan Maha Baik, Tuhan akan memberikan segala yang diminta hambanya. Manusia itu sering berbicara bahwa Tuhan Maha Tahu, tapi mereka sok. Tuhan Maha Kuasa tapi kita sok kuasa akhirnya kita tidak mau rendah hati. Sebetulnya, kalau rendah hati, hidup ini jadi indah. Demikian kata inspirasi dari Bos Joger. Selain mengelola Joger, Ia juga sering menjadi pembicara di seminar-seminar. Ia sering mengungkapkan, kembangkanlah diri kalau mau percaya diri. Tapi sebelum mengembangkan diri, harus tahu diri. Jadi intinya adalah tahu diri, setelah itu percaya diri. Bagaimana bisa berusaha, bila tidak percaya diri dan tidak bisa mengembangkan diri.

Inilah pelajaran besar dari Mr. Joger yang bertindak kreatif. Agar kita bisa selalu berpikir kreatif untuk menyelesaikan permasalahan di setiap pekerjaan, berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda dan segera bisa Anda praktekkan. Berawal dari strategi berpikir kreatif kemudian diringi dengan langkah-langkah yang kreatif juga.

Sebagai sebuah contoh bahwa, sebelum kita mulai untuk meningkatkan kualitas kreativitas kita dalam pekerjaan, tanyakan kepada diri sendiri apa saat ini yang menjadi masalah? Temukan masalah-masalah atau keterbatasan yang ada dalam pekerjaan Anda saat ini yang kemudian harus dicari solusinya. Misalkan, ternyata selama 2 bulan terakhir website atau blog mengalami penurunan pengunjung. Cari tahulah dulu dimana masalahnya? Dengan mengetahui masalah dan mengidentifikasi penyebabnya, kita pun akan tergerak mencari solusinya. Inilah yang disebut berpikir secara kreatif.

Strategi kreatif berikutnya ialah selalu memikirkan cara yang lebih baik. Orang sukses selalu berkata “Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas saya?” “bagaimana saya dapat mengerjakannya dengan lebih baik?” Ketika Anda merasa pekerjaan Anda sedang baik-baik saja, seharusnya saat itu pula kita harus berhati-hati. Mengapa demikian? Karena ketika kita merasa semua aman, bisa jadi saat itu kita sedang berada dalam zona nyaman. Ketika kita merasa semua sudah berjalan dengan lancar, tingkatkan kualitas Anda dengan bertanya “Bagaimana agar saya bisa melakukannya dengan lebih baik lagi?” Dengan pertanyaan ini, Anda pun terpancing untuk menemukan metode-metode baru untuk melakukan pekerjaan Anda dengan cara yang jauh lebih baik.

Orang sukses tidak bertanya “dapatkah saya mengerjakannya dengan lebih baik lagi?” Ia sudah selesai pada bagian pertanyaan kekuatan kepercayaan itu. Ia sudah berhasil melalui tahap sebelumnya, yaitu percaya. Jadi ia ubah pertanyaannya dengan “bagaimana saya dapat mengerjakannya dengan lebih baik lagi? Orang kreatif percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan membuat pikiran bergerak untuk mencari cara terbaik untuk melakukannya. Setelah Anda menemukan sebuah ide untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, percayalah bahwa itu bisa dilakukan. Ketika kita percaya suatu hal baru dapat dilakukan, pikiran kita dengan sendirinya akan aktif mencari cara terbaik untuk melakukannya.

Sebagai contoh, dalam sebuah seminar, seorang pembicara melemparkan pertanyaan “Bagaimana menurut Anda jika penjara dihapuskan?” sebagian orang yang hadir menjawab bahwa tidak mungkin jika penjara dihapuskan karena akan semakin banyak orang yang berbuat kriminal. Akan tetapi, ada beberapa orang dengan kemampuan berpikir kreatif yang yakin bahwa penjara bisa dihapuskan. Dengan cara berpikir seperti ini, orang-orang tersebut dengan mudah memberikan solusi seperti “Penjara dapat dihapuskan. Caranya adalah dengan memperbanyak rumah singgah bagi pelaku kejahatan dan membuat berbagai keegiatan positif di dalamnya. Selain itu, penjara juga dapat dihapuskan dengan cara terus menerus melakukan penyuluhan psikologis kepada para pelaku kejahatan.” Ide kreatif bukan?

Jika Anda percaya sesuatu itu tidak mungkin, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda untuk membuktikan mengapa itu tidak mungkin. Berpikir tidak mungkin akan menutup pikiran kreatif Anda. Hapus kata tidak mungkin. Sedangkan, percaya sesuatu dapat dijalankan dan dapat melincinkan jalan menuju solusi yang kreatif. Pikirkan hal istimewa yang ingin Anda lakukan dan tulis mengapa Anda dapat melakukannya. Terapkan cara ini dalam setiap pekerjaan Anda. Pikirkan hal-hal hebat yang bisa Anda lakukan dan tambahlah kapasitas bekerja Anda saat ini. Setelah itu, temukan alasan mengapa Anda mampu melakukannya.

Langkah kreatif berikutnya ialah Anda harus terbuka pada perubahan. Jangan bekukan pikiran Anda, karena tidak ada yang bisa tumbuh di atas es. Supaya Anda tetap menjadi unggul di antara orang banyak adalah dengan terbuka pada perubahan. Banyak orang yang selama ini enggan atau menolak perubahan hanya karena sudah terbiasa melakukan suatu pekerjaan dengan cara lama yang sudah bertahun-tahun dilakukan. Hal yang harus Anda lakukan adalah menerima setiap kemungkinan perubahan pada cara bekerja Anda. Tinggalkan cara lama yang menurut Anda kurang efektif lagi dan temukan cara baru yang lebih memudahkan produktivitas Anda.

Ingatlah bahwa ada banyak cara terbaik sebanyak adanya pikiran yang kreatif. Jadilah orang yang suka bereksperimen. Jangan pernah berasumsi sebelum Anda coba melakukannya. Bereksperimen yang dimaksud dalam hal ini adalah tidak membatasi diri pada beberapa cara saja. Jadilah orang yang suka mencoba berbagai hal baru. Jadilah orang yang bersedia menerima gagasan.

Kuncinya adalah dengan mendengar masukan dari orang lain. Gagasan bisa muncul darimana saja. Pastikan Anda bersedia menerima gagasan yang Anda dapatkan dari berbagai sumber. Jadilah progresif, bukan regresif. Pikirkan bagaimana cara melakukan dengan lebih baik lagi? Selanjutnya, kira-kira ide kreatif apa yang akan Anda terapkan dalam pekerjaan Anda mulai saat ini? itulah kunci kreatif. Jadilah kreatif dan produktif. Sebab buah dikenal dari pohonnya yang berarti seseorang dikenal oleh orang lain atas hasil karya besarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler