Tema : 2 (Persatuan dalam
Perbedaan)
Sub
Tema : 1 (Rukun dalam
Perbedaan)
Kelas /
Semester : VI (enam) /I
Berilah tanda silang (×) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban
yang paling benar!
1. |
Kegiatan
berikut yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan
masyarakat adalah ... |
|
|
A. |
Bersama
tetangga membicarakan kejelekan orang |
B. |
Membantu tetangga yang sedang mencuri makanan |
|
C. |
Bekerja bakti dalam memperbaiki jalanan yang rusak |
|
D. |
Bergotong
royong membersihkan lingkungan rumah sendiri |
2. |
Hidup rukun
dapat dicerminkan dalam .... |
|
|
A. |
Bergotong
royong dalam membangun jembatan |
B. |
Begotong royong dalam mengambil barang milik orang lain |
|
C. |
Tolong menolong dalam membantu korban bencana jika
keluarga |
|
D. |
Membantu
teman yang kesusahan jika diberikan imbalan yang cukup |
3. |
Salah satu
contoh sikap yang mencerminkan cinta NKRI adalah .... |
|
|
A. |
Memilih teman
hanya dari yang satu daerah saja |
B. |
Berteman dengan orang dari daerah manapun |
|
C. |
Berkelahi dengan teman yang beda suku |
|
D. |
Menghina
budaya daerah lain |
4. |
Untuk memupuk
rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan
dengan cara .... |
|
|
A. |
Mengembangkan
kebudayaan daerah masing-masing |
B. |
Mempelajari dan memahami kesenian tradisional |
|
C. |
Mengadakan pertukaran pemuda di daerah saja |
|
D. |
Mengakui
keanekaragaman budaya daerah |
5. |
Berikut ini
adalah manfaat dari hidup rukun adalah .... |
|
|
A. |
Hidup menjadi
tertekan |
B. |
Suasana menjadi tidak nyaman |
|
C. |
Sering menimbulkan perpecahan |
|
D. |
Suasana
menjadi damai dan tentram |
Bacalah
Teks berikut ini!
Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. ImamBonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh.Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir.Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro.Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi ituadalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. PegangsaanTimur No. 56 telah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo,Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaanproklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks.Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati,dikibarkan.
6. |
Siapa yang menjahit bendera Merah
Putih? |
|
A |
Fatmawati |
|
B. |
Ir. Soekarno |
|
C. |
Sayuti Melik |
|
D. |
Mohammad
Hatta |
7. |
Berikut ini
yang termasuk kalimat efektif adalah .... |
|
|
A. |
Andi menabung karena ingin membeli sepeda baru. |
B. |
Ibu membuatkan adik teh hangat yang sangat manis
sekali. |
|
C. |
Kakak belajar yang rajin agar supaya menjadi anak yang
pintar. |
|
D. |
Kerasnya upaya cara kami untuk memberantas hama di
sawah berhasil juga. |
8. |
Berikut ini
adalah kalimat yang menggunakan kosa kata baku adalah .... |
|
|
A. |
Semua pegawai
daripada pabrik ini sudah pada pulang. |
B. |
Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran saudara. |
|
C. |
Udah deh, jangan menganggu terus! |
|
D. |
Bilang dulu
dong sama yang punya! |
9. |
Insektisida
memiliki efek samping negatip bagi lingkungan. Beberapa waktu lalu hama
menyerang ribuan tanaman kelapa. Permasalahan itu juga terjadi secara period
di Kabupaten lain. Penulisan
kata baku yang tepat pada teks tersebut adalah .... |
|
|
A. |
Negatif |
B. |
Efek dan negatif |
|
C. |
Negatif dan periodik |
|
D. |
Insektisida
dan periodik |
10. |
Kalimat
berikut yang mengandung kosa kata tidak baku adalah .... |
|
|
A. |
Kakak
menerima telepon dari ibu kemarin. |
B. |
Tes cerdas cermat dilaksananakan dengan sistem gugur |
|
C. |
Pencuri di pasar dikeroyok massa sebelum polisi datang |
|
D. |
Ibu meminta
kuitansi barang sebelum meninggalkan toko |
11. |
Ciri khusus
tumbuhan teratai di lingkungan air adalah .... |
|
|
A. |
Memiliki bunga yang harum |
B. |
Akar merambat di atas air |
|
C. |
Berdaun kecil dan tebal |
|
D. |
Batangnya berongga |
12. |
Tumbuhan
putri malu melakukan adaptasi dengan cara .... |
|
|
A. |
Mematahkan
daunnya jika disentuh |
B. |
Mengatupkan daunnya jika disentuh |
|
C. |
Meruncingkan daunnya jika disentuh |
|
D. |
Melebarkan
daunnya jika disentuh tangan |
13. |
Ciri khusus
yang dimiliki oleh cicak berdasarkan tempat hidupnya adalah .... |
|
|
A. |
Bahan perekat
pada kakinya |
B. |
Lidahnya pendek dan besar |
|
C. |
Dapat memutuskan ekornya |
|
D. |
Menghasilkan
liur yang banyak |
14. |
Manfaat
tumbuhan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup adalah .... |
|
|
A. |
Penghasil gas
karbondioksida |
B. |
Tempat
beradaptasi hewan |
|
C. |
Sebagai
sumber energi |
|
D. |
Pengikat
udara bersih |
15. |
Berikut ini
cara untuk melestarikan tumbuhan adalah .... |
|
|
A. |
Mengubah
hutan menjadi lahan pemukiman |
B. |
Menebang pohon sembarangan |
|
C. |
Membakar hutan sesuka hati |
|
D. |
Melakukan
penghijauan |
16. |
Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah
.... |
|
|
A. |
Bangsa
Indonesia menantang negara penjajah |
B. |
Bebas melawan negara siapa saja yang datang |
|
C. |
Lahirnya negara Republik Indonesia |
|
D. |
Runtuhnya
negara kesatuan |
17. |
Kita sebagai
siswa harus dapat mempertahankan kemerdekaan dengan cara .... |
|
|
A. |
Menuruti
segala macam budaya luar |
B. |
Menghancurkan negara lain |
|
C. |
Melawan negara lain |
|
D. |
Belajar
dengan tekun |
18. |
Tokoh
proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah .... |
|
|
A. |
Soekarno dan
Moh. Hatta |
B. |
Moh. Hatta |
|
C. |
Soepomo |
|
D. |
Soekarno |
19. |
Indonesia dapat memperoleh kemerdekaan melalui .... |
|
|
A. |
Pengorbanan
jiwa, raga, dan harta rakyat |
B. |
Hasil perjuangan beberapa pahlawan |
|
C. |
Pemberian oleh negara lain |
|
D. |
Hadiah dari
negara sekutu |
20. |
Naaskah
proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun oleh .... |
|
|
A. |
Ahmad
Soebardjo, Soekarni dan Fatmawati |
B. |
Ahmad Soebardjo, Sayuti Melik dan Soekarni |
|
C. |
Ahmad Soebardjo, Drs. Moh.hatta, dan Wikana |
|
D. |
Ahmad
Soebardjo, Ir.Soekarno dan Drs. Moh. Hatta |
|
|
|
|
21. |
Gerak tari
Gending Sriwijaya yang berasal dari Sumatra Selatan menggunakan pola lantai
.... |
|
|
A. |
Lurus |
B. |
Vertikal |
|
C. |
Diagonal |
|
D. |
Melingkar |
22. |
Makna tari
Lego-Lego adalah .... |
|
|
A. |
Mengajak
masyarakatnya bersatu membangun negeri |
B. |
Mengajak masyarakatnya bergotong royong |
|
C. |
Membuat masyarakatnya riang gembira |
|
D. |
Menyuruh
masyarakatnya kerja bakti |
23. |
Tari Serimpi
berasal dari daerah .... |
|
|
A. |
Bali |
B. |
Papua |
|
C. |
Jawa Tengah |
|
D. |
Sumatra
Selatan |
24. |
Perhatikan
gambar berikut! Jenis tarian di atas menggunakan
pola lantai .... |
|
|
A. |
Miring |
B. |
Vertikal |
|
C. |
Diagonal |
|
D. |
Melingkar |
25. |
Perhatikan
gambar berikut! Tarian di
atas adalah .... |
|
|
A. |
Tari Tambun
dari Kalimantan Tengah |
B. |
Tari Andun dari Bengkulu |
|
C. |
Tari Seudati dari Aceh |
|
D. |
Tari Baris
dari Bali |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar